Skip to main content

Apa itu BIOS pada sistem komputasi?

 


Apa itu Bios?

Buat kamu yang sudah sering mengoperasikan komputer, tentu familiar dengan Windows dan OS. Namun, apakah kamu juga tahu mengenai BIOS? 

Keberadaannya memiliki peran penting untuk sebuah sistem operasi komputer dan umumnya seluruh komputer memiliki BIOS sebagai penunjang sistem operasi yang dapat dioperasikan sesuai dengan keinginan penggunanya.

BIOS bisa dijumpai ketika ada masalah pada sebuah komputer sehingga perlu melakukan install ulang sistem operasinya

 

BIOS atau Basic Input Output System adalah perangkat lunak atau program antarmuka tingkat dasar sebagai pengatur proses input output data pada sebuah komputer. Sederhananya, BIOS diartikan sebagai suatu perangkat instruksi elektronik yang digunakan komputer untuk memulai sistem operasi.

BIOS ini terletak di dalam chip komputer dan dirancang sedemikian rupa untuk melindunginya dari kerusakan disk. Pembeda BIOS dengan program komputer yang lainnya adalah terletak pada bagian penyimpanan.

Jika biasanya program suatu komputer disimpan di suatu disk penyimpanan, BIOS disimpan pada suatu perangkat keras berupa memory flash yang disebut CMOS (Complementary Metal-oxide-semiconductor). Setiap motherboard perangkat memiliki BIOS, namun jika rusak kemungkinan besar motherboard tidak dapat digunakan kembali, kecuali dilakukan install ulang atau upgrade.

Beberapa pembuat BIOS yaitu:

  • Award Bios
  • Phoenix Bios
  • Microids Research
  • American Megatrends Incorporated (AMI BIOS) 
  • AMIWIN BIOS.

 

BIOS memiliki beberapa komponen-komponen yang sangat penting agar dapat berjalan dengan semestinya tanpa ada kendala. Adapun bagian komponen-komponen BIOS adalah sebagai berikut ini.

1. Program BIOS Setup

Program ini berfungsi sebagai halaman untuk mengubah konfigurasi dari perangkat komputer seperti mengubah tipe hard disk, disk drive, pengaturan manajemen daya, kinerja komputer, dan lainnya sesuai kebutuhan user.

 

2. Driver

Driver adalah software sebagai perantara antara komputer dengan perangkat keras untuk menampilkan perangkat komputer seperti VGA, input device, processor dan sound card, bluetooth, dan sebagainya yang masih perlu dilakukan install menggunakan DVD bawaan perangkat komputer.

 

3. Program Bootstraper Utama

Program ini memiliki peran penting dalam terjadinya proses booting dalam sistem operasi yang sudah di-install. Dengan adanya Program Bootstraper Utama, komputer dapat melakukan proses booting yang lancar.

 

Sumber dan Referensi:

Acer Indonesia

Politeknik Sampit


Comments

Popular posts from this blog

Servis Error Code 34 pada Dell Optiplex 390

  Apa itu Error Code 34? Error code 34 pada PC Built-up Dell Optiplex tipe 390 adalah sebuah error kode yang memberikan keterangan bahwa Memori/RAM yang kita pasang tidak terdetect atau dapat juga terdeteksi namun tidak berjalan atau berfungsi dengan baik. sehingga PC memberikan Error Code tersebut pada front panel. Apa yang harus dilakukan? Untuk mengatasi error code 34 ini pertama kita dapat mencabut terlebih dahulu RAM yang terpasang, lalu bersihkan bagian emas nya menggunakan penghapus. setelah itu coba lakukan tes nyala tanpa menggunakan RAM. Apabila display error berubah menjadi error code 1, berarti kemungkinan kita ada di jalan yang benar. kedua, kita pasang kembali ram yang telah kita bersihkan sebelumnya. pasangkan ram tersebut pada slot ram yang paling jauh dari CPU, biasanya itu adalah slot default untuk PC jadul. setelah itu coba nyalakan kembali PC nya, apabila kembali nyala normal, selamat untuk anda. apabila masih tidak dapat menyala, anda bisa mencoba mengganti ram ter

Cara mengidentifikasi Generasi Processor Intel

  Cara Mengidentifikasi Salah satu perangkat keras (hardware) yang perlu dipertimbangkan ketika Anda membeli komputer adalah prosesor. Ada dua pabrikan prosesor yang terkenal dan juga paling mendominasi untuk saat ini yaitu Intel dan AMD. Prosesor Intel lebih dominan digunakan dan Anda dapat menemukan di daftar spesifikasi dari banyak komputer yang dijual. Bila Anda membeli komputer saat ini, kemungkinan prosesor Intel yang tertanam di komputer adalah Intel Core (i3, i5, i7 atau i9). Keluarga Prosesor Intel Core baru menggunakan skema alfanumerik (Alphanumeric scheme) berdasarkan generasi (generation), lini produk (product line), merek (brand) dan modifier, berbeda dengan keluarga Prosesor Intel Core lama yang menggunakan skema alfanumerik berbeda. Bila Anda memahami skema alfanumerik dari prosesor Intel Core baru, ini akan memudahkan Anda untuk memudahkan Anda untuk menentukan prosesor yang lebih tepat. Angka yang semakin tinggi pada skema alfanumerik prosesor Intel Core, terutama

Apa Itu RAM pada Komputer dan Jenis-Jenis RAM pada Komputer

  Apa Itu RAM Pada Komputer?     Dalam sebuah Komputer, RAM adalah sebuah memory yang menyimpan data sementara yang digunakan oleh pengguna. RAM itu sendiri memiliki kepanjangan yaitu Random Access Memory. Semakin besar kapasitas sebuah RAM, maka kinerja dari sebuah komputer akan menjadi semakin lancar dan tidak terbebani. Jenis-Jenis RAM pada Komputer 1. RAM DDR3 RAM tipe ini adalah tipe salah satu tipe yang masih banyak digunakan dalam komputer modern. selain banyak dipasaran, jenis komputer yang masih menggunakan RAM tipe ini masih sangat banyak serta harganya yang relatif terjangkau. 2. RAM DDR4 RAM tipe ini adalah RAM generasi ke 4, yang dimana ini adalah kelanjutan dari RAM DDR3. RAM ini memiliki keunggulan yang lebih baik daripada tipe DDR3. Beberapa kelebihan nya yaitu memiliki clock speed yang lebih cepat, bandwidth yang lebih besar, serta kapasitas yang lebih banyak. Komputer pada masa modern dan terbaru lebih banyak menggunakan RAM tipe ini karena kelebihan tersebut.