Skip to main content

Apa Itu Kabel HDMI dan VGA

 


Apa itu Kabel HDMI?

Kabel HDMI merupakan temuan teknologi terbaru yang memudahkan penggunanya untuk melakukan transfer data antar perangkat dengan cepat dan tepat. Untuk komponen port HDMI sendiri didesain sebagai teknologi berstandar interface multimedia yang dapat difungsikan sebagai media transmisi. 

Teknologi HDMI ini pertama kali dikembangkan pada tahun 2002. Kemudian pada tahun 2003, kabel HDMI diproduksi secara massal dan mulai diedarkan secara luas kepada masyarakat. Untuk fungsinya sendiri, HDMI digunakan sebagai konektor antar perangkat. Hanya dengan menggunakan kabel tunggal, Anda dapat mentransfer data berbasis audio dan video beresolusi tinggi. 

HDMI termasuk interface yang mengacu pada digital. HDMI mampu menampilkan multimedia berupa video yang disertai dengan audio. Suara dari audio tersebut dikirim menggunakan 8 kanal. Video yang ditampilkan pun beresolusi tinggi hingga 1080 pixel. Kualitas dari video HDMI ini sangat baik, sehingga sesuai untuk grafik atau video dengan resolusi tinggi. 

HDMI memiliki beberapa tipe, di antaranya ada tipe A, C, dan D yang memiliki 19 pin. Sementara itu, tipe C memiliki 29 pin. Meski memiliki jumlah yang lebih banyak dari VGA, bentuk dari HDMI jauh lebih kecil.

Untuk tipe C dan D mempunyai port yang berukuran lebih kecil dari tipe A dan B, sehingga lebih banyak disematkan pada device yang lebih kecil. Sebagai contoh ada ultrabook, tablet, dan ponsel. 

 Apa itu Kabel VGA?

Kabel VGA bisa dikatakan sebagai konektor tertua yang sudah ada sejak era komputer cembung. Kabel ini dapat mentransmisikan sinyal video analog. Kabel VGA memiliki sekrup kecil di samping sisi kabel untuk menghubungkan CPU komputer ke monitor LCD, proyektor, hingga TV. 

Saat digunakan, VGA dapat menampilkan resolusi maksimum 650 x 480 pixel. Untuk menampilkan grafik beresolusi tinggi, Anda perlu menambahkan VGA eksternal. Namun, seiring perkembangannya, jenis-jenis VGA Card saat ini bisa menampilkan ukuran besar seperti 2048 x 1536 pixel. Untuk resolusi VGA yang terbaru bahkan bisa menampilkan format 16 : 9.

Kualitas video yang ditampilkan VGA tergantung dengan panjang kabel, konektor, dan kualitas kabel. Namun, tampilan video dari VGA tidak bisa jernih lantaran meski dengan pixel yang beresolusi sama dengan HDMI. Hal ini karena data yang ditransfer secara analog memengaruhi kualitas video.


Sumber dan Referensi:

Comments

Popular posts from this blog

Servis Error Code 34 pada Dell Optiplex 390

  Apa itu Error Code 34? Error code 34 pada PC Built-up Dell Optiplex tipe 390 adalah sebuah error kode yang memberikan keterangan bahwa Memori/RAM yang kita pasang tidak terdetect atau dapat juga terdeteksi namun tidak berjalan atau berfungsi dengan baik. sehingga PC memberikan Error Code tersebut pada front panel. Apa yang harus dilakukan? Untuk mengatasi error code 34 ini pertama kita dapat mencabut terlebih dahulu RAM yang terpasang, lalu bersihkan bagian emas nya menggunakan penghapus. setelah itu coba lakukan tes nyala tanpa menggunakan RAM. Apabila display error berubah menjadi error code 1, berarti kemungkinan kita ada di jalan yang benar. kedua, kita pasang kembali ram yang telah kita bersihkan sebelumnya. pasangkan ram tersebut pada slot ram yang paling jauh dari CPU, biasanya itu adalah slot default untuk PC jadul. setelah itu coba nyalakan kembali PC nya, apabila kembali nyala normal, selamat untuk anda. apabila masih tidak dapat menyala, anda bisa mencoba mengganti ram ter

Cara mengidentifikasi Generasi Processor Intel

  Cara Mengidentifikasi Salah satu perangkat keras (hardware) yang perlu dipertimbangkan ketika Anda membeli komputer adalah prosesor. Ada dua pabrikan prosesor yang terkenal dan juga paling mendominasi untuk saat ini yaitu Intel dan AMD. Prosesor Intel lebih dominan digunakan dan Anda dapat menemukan di daftar spesifikasi dari banyak komputer yang dijual. Bila Anda membeli komputer saat ini, kemungkinan prosesor Intel yang tertanam di komputer adalah Intel Core (i3, i5, i7 atau i9). Keluarga Prosesor Intel Core baru menggunakan skema alfanumerik (Alphanumeric scheme) berdasarkan generasi (generation), lini produk (product line), merek (brand) dan modifier, berbeda dengan keluarga Prosesor Intel Core lama yang menggunakan skema alfanumerik berbeda. Bila Anda memahami skema alfanumerik dari prosesor Intel Core baru, ini akan memudahkan Anda untuk memudahkan Anda untuk menentukan prosesor yang lebih tepat. Angka yang semakin tinggi pada skema alfanumerik prosesor Intel Core, terutama

Apa Itu RAM pada Komputer dan Jenis-Jenis RAM pada Komputer

  Apa Itu RAM Pada Komputer?     Dalam sebuah Komputer, RAM adalah sebuah memory yang menyimpan data sementara yang digunakan oleh pengguna. RAM itu sendiri memiliki kepanjangan yaitu Random Access Memory. Semakin besar kapasitas sebuah RAM, maka kinerja dari sebuah komputer akan menjadi semakin lancar dan tidak terbebani. Jenis-Jenis RAM pada Komputer 1. RAM DDR3 RAM tipe ini adalah tipe salah satu tipe yang masih banyak digunakan dalam komputer modern. selain banyak dipasaran, jenis komputer yang masih menggunakan RAM tipe ini masih sangat banyak serta harganya yang relatif terjangkau. 2. RAM DDR4 RAM tipe ini adalah RAM generasi ke 4, yang dimana ini adalah kelanjutan dari RAM DDR3. RAM ini memiliki keunggulan yang lebih baik daripada tipe DDR3. Beberapa kelebihan nya yaitu memiliki clock speed yang lebih cepat, bandwidth yang lebih besar, serta kapasitas yang lebih banyak. Komputer pada masa modern dan terbaru lebih banyak menggunakan RAM tipe ini karena kelebihan tersebut.